Jokowi: Kunjungan Kaisar Naruhito Perkuat Hubungan Masyarakat Indonesia-Jepang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi kunjungan kenegaraan yang dilakukan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Indonesia. (Ist)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi kunjungan kenegaraan yang dilakukan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Indonesia. (Ist)

Jakarta, Bharindo News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi atas kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito ke Indonesia. Terlebih lagi, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi oleh Kaisar Jepang tersebut pasca naik tahta pada tahun 2019 lalu.
Kunjungan kenegaraan Kaisar Naruhito tersebut diterima langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Senin (19/6/2023).

Jokowi pun berharap kunjungan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako ke Indonesia dapat memperkuat hubungan persahabatan masyarakat anatara kedua negara. Menurut dia, hal ini diperlukan sekali untuk pengembangan kemitraan yang strategis antara Indonesia dengan Jepang.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan, “Kunjungan Sri Baginda Kaisar (Hironomiya Naruhito) bersama Permaisuri (Masako) ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan di antara masyarakat kita,” Ungkapnya.

“Pondasi kokoh seperti ini sangat diperlukan untuk pengembangan kemitraan strategis dua negara kita ke depannya, terutama dalam bidang ekonomi,” sambungnya.

Ia juga menekankan bahwa pentingnya hubungan persahabatan antara masyarakat kedua negara untuk terus disemai. Hal ini perlu dilakukan karena mengingat bahwa dunia saat ini sedang mengalami berbagai tantangan.

“Saya sangat berharap sekali bahwa pertukaran antara generasi muda yang dilakukan oleh kedua negara ini akan semakin mengembangkan persahabatan antara kedua negara,” ucap Kaisar Hironomiya Naruhito.

“Semoga kunjungan Sri Baginda dan Permaisuri (Hironomiya Naruhito dan Masako) ke Negara Indonesia sekarang ini bisa membawa kesan yang baik bagi persahabatan Negara Indonesia dan Jepang,” tutur Jokowi.

“Sekali lagi terima kasih atas kunjungan Negara yang dilakukan oleh Sri Baginda Kaisar dan Permaisuri ke Indonesia,” imbuh Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito juga menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan keramahan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Kaisar Hironomiya Naruhito berharap pertukaran generasi muda antara Indonesia dengan Jepang ini untuk kedepannya akan semakin memperkokoh persahabatan antara kedua negara.

Baca Juga :  Gubenur Jawa Barat Apresiasi Kab. Sukabumi Yang Masih Kuat Mempertahankan Keutuhan Nilai Budaya

“Saya sangat berharap sekali bahwa pertukaran antara generasi muda yang dilakukan oleh kedua negara ini akan semakin mengembangkan persahabatan antara kedua negara,” ucap Kaisar Hironomiya Naruhito.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *