Festival Durian sukabumi tahun 2023, dorong ekonomi Kreatif lestarikan produk buah lokal

Bharindonews, Sukabumi -Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri Mewakili Bupati membuka Festival Durian Lokal Unggulan kabupaten sukabumi tahun 2023 yang digelar di Lap.Cangehgar – Palabuhanratu, sabtu (7/1/23). Hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Kab. Sukabumi, Sekda Kab. Sukabumi, Assda II, Kadispar, Kadis perikanan, Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis pemadam kebakaran dan penyelamatan, bappelitbangda, Kepala cabang BJB Kab. Sukabumi serta undangan lainnya

Festival Durian 2023 yang akan berlangsung selama dua hari dari tanggal 7 s/d 8 kali ini dimeriahkan dengan kontes durian, bazar durian, lomba merangkai buah, dan aneka olahan buah durian yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Panitia pun menyiapkan ribuan paket durian yang telah dikemas dalam cup yang akan dibagikan agar dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis.

Kepala Dinas pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuti Harahap menyebutkan bahwa tujuan dari penyelenggaraan festival durian ini ialah sebagai ajang promosi buah durian yang menjadi salah satu komoditi unggulan di kabupaten Sukabumi.

” Tujuan akhir penyelenggaraan kegiatan festival durian kali ini adalah untuk menemukan varietas durian lokal unggulan kabupaten sukabumi yang akan diusulkan menjadi varietas unggulan nasional sehingga dapat meningkatkan nilai jual, pemasaran serta meningkatkan pendapatan petani durian” Jelasnya.

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri, berpoto bersama panitia pelaksana dan para peserta festival Durian Sukabumi

Sementara itu menurut H. Iyos somantri pelaksanaan festival durian unggulan ini sebagai salah-satu bentuk dukungan dan kepedulian pemerintah dalam menjaga kelestarian kearifan lokal, ini sekaligus meningkatkan pemahaman serta menambah wawasan dan informasi tentang produk-produk durian lokal kabupaten sukabumi.

” alhamdulillah, petani durian bersama dengan jajaran dinas pertanian dan kepala perangkat daerah terkait telah mampu membangun sinergi dalam berkarya tanpa batas, berkreasi tanpa henti, sehingga mampu menciptakan kreativitas dan membuat inovasi demi menghasilkan karya dalam pelestarian plasma nutfah produk-produk durian lokal kabupaten sukabumi” Ungkapnya

Baca Juga :  Jajaran polres Sukabumi Melakukan Pengamanan Aksi HmI Cabang Sukabumi

Iyos pun menjelaskan bahwa buah durian ini merupakan salah-satu ikon buah unggulan lokal kabupaten sukabumi yang memiliki rasa dan tekstur daging yang manis dan lembut serta biji yang kecil.

” semua harus tahu dan berhak mencoba serta menikmatinya. hari ini saat yang tepat untuk bisa mendapatkannya di acara festival durian” Jelasnya

Beliau berharap masyarakat tidak hanya mendapatkan pengetahuan tetapi mengenal luas tentang produk unggulan durian dan tertarik untuk terjun menjadi pelaku sebagai petani dan pedagang durian.

” festival ini diyakini dapat menjadi alat untuk mendorong peningkatan ekonomi kreatif dan inovasi serta menanamkan rasa bangga terhadap karya sendiri dan produk-produk asli buatan dalam negeri guna memenuhi permintaan pasar dari para konsumen/pecinta buah durian” Pungkasnya

Pada kesempatan tersebut Wakil bupati beserta Forkopimda berkesempatan untuk mengunjungi stand-stand produk durian dan menjadi juri dari kontes durian tersebut.

Masih dikesempatan yang sama beliaupun menyerahkan piala bagi pemenang kontes durian, untuk juara pertama diraih oleh Durian jenis si Bugis dari kampung cibugis parungkuda, juara dua diraih oleh jenis durian si Rusa dari kampung Cililin Boja desa Margalaksana kec. Cikakak dan untuk juara ketiga diraih oleh Duren si Lenggut dari kp Sukasari kecamatan Cikakak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *